Recent Posts

Kamis, 13 November 2014

0 komentar

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Membuat surat lamaran kerja bisa dibilang susah susah gampang. Bagi mereka yang sudah terbiasa dalam urusan surat menyurat membuat sebuah surat lamaran kerja adalah hal yang sangat mudah dan dapat diselesaikan dalam hitungan menit. Namun beda halnya dengan orang yang belum pernah atau jarang sekali membuat surat, bagi mereka membuat surat lamaran kerja adalah sebuah hal yang sangat menyiksa dan terasa sangat sulit. Mereka cenderung meniru atau menyuruh teman mereka membuatkan surat lamaran kerja buat mereka. Namun tenang sobat, mulai dari sekarang Anda tidak perlu ketakutan jika harus berurusan dengan surat lamaran kerja. Dalam kesempatan kali ini kita akan belajar bersama-sama bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.  
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Contohnya
Perlu kita ketahui, dalam membuat surat terutama untuk melamar kerja kita harus cermat dan teliti. Penulisan serta gaya bahasa juga harus baik dan benar sesuai dengan EYD Bahasa Indonesia. Surat lamaran kerja Anda adalah modal awal untuk menunjukkkan siapa Anda dan apa yang Anda punya. Dari surat lamaran kerja inilah karir dan masa depan Anda ditentukan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penulisan surat lamaran kerja, diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Gunakan bahasa serta penulisan yang baik, padat dan berisi. Selain itu Anda juga harus menggunakan bahasa yang sopan dan santun. Hal-hal seperti ini sangat berpengaruh dalam penilaian penguji terhadap kepribadian Anda. 

  2. Membuat surat lamaran kerja bisa ditulis tangan atau bisa juga diketik menggunakan komputer. Kalau perusahaan yang akan Anda lamar mengintruksikan untuk tulis tangan ya berarti Anda harus menulis tangan, begitupun sebaliknya. :) Kalau misalkan perusahaannya tidak mengintruksikan hal tersebut terserah Anda mau ditulis tangan atau diketik.

  3. Buatlah surat lamaran kerja yang lengkap. Lengkap dalam hal ini berarti seluruh persyaratan yang diminta oleh perusahaan tempat dimana Anda melamar kerja sudah Anda penuhi. Biasanya surat lamaran kerja disertai dengan foto copy ijasah terakhir, Pas Photo ukuran 4x6, foto copy sertifikat/khursus, foto copy bukti pengalaman kerja, daftar riwayat hidup/CV, dll.

  4. Tunjukan kelebihan yang Anda miliki dalam surat tersebut. Jangan terlalu over/berlebihan saat Anda menunjukkan kelebihan yang Anda miliki, dengan begitu Anda akan terkesan sombong tunjukkan kelebihan Anda dengan sewajarnya saja. Anda pasti tahu bagaimana cara menjadi orang yang sederhana tapi berilmu. 
Di bawah ini ada beberapa contoh dari surat lamaran kerja yang sudah jadi. Dari beberapa contoh surat lamaran kerja dibawah ini saya berharap Anda bisa belajar membuat surat lamaran kerja Anda sendiri, silakan disimak.


Contoh Surat Lamaran Kerja I


Hal : Lamaran Pekerjaan


Kepada Yth.,

Kepala Bagian Personalia

PT. Belajar Cara Buat 

Jl. Panembahan Senopati No. 45

Jakarta Timur.


 Dengan hormat,


Bpk. Janu Jana, seorang asisten editor di PT. Belajar Cara Buat menginformasikan kepada saya tentang rencana pengembangan dan penambahan tenaga kerja di Departement Finansial PT. Belajar Cara Buat. Sehubungan dengan hal tersebut, dengan ini perkenankan saya mengajukan diri untuk bergabung serta menjadi bagian dalam rencana pengembangan PT. Belajar Cara Buat.


 Mengenai diri saya, dapat saya jelaskan sebagai berikut :

 Nama                     :  ......................................

 Tempat & Tgl. lahir :  ......................................

 Pendidikan             : ......................................

 Alamat                   :  ......................................

 Telepon (HP)         :  ......................................

 E-mail                    :  ......................................

 Status Perkawinan  :  ...................................... (single/nikah)


Saat ini saya bekerja di PT. Gemilang Tata Usaha, sebagai Manager Divisi Marketing Online, dengan fokus utama pekerjaan di bidang penjualan serta pemasaran di bidang Online Marketing.


Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :


  1. Daftar Riwayat Hidup 

  2. Foto copy ijazah S-1

  3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan

  4. Pas foto terbaru.

Besar harapan saya untuk diberi kesempatan wawancara, dan dapat menjelaskan lebih mendalam mengenai diri saya. Seperti yang tersirat di resume (riwayat hidup), saya mempunyai latar belakang pendidikan, pengalaman potensi dan seorang pekerja keras.



Demikian saya sampaikan. Terima kasih atas perhatian Bapak.


Hormat saya,



Sastra Wijaya Sampurna


Contoh Surat lamaran Kerja II


Hal : Lamaran PekerjaanKepada Yth.,
Manajer Sumber Daya Manusia
PT. Ayapoe Media CreativIndo
Jl. Merpati Putih No. 3
Jakarta Pusat

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan dari PT. Ayapoe Media CreativIndo yang termuat di harian Republika tanggal 6 Agustus 2012. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Marketing di PT. Ayapoe Media CreativIndo.

Data singkat saya, seperti berikut ini.
Nama                   : ......................................
Tempat, tgl. lahir   : ........................................
Pendidikan Akhir  : ......................................
Alamat                  : ......................................
Telepon (HP)        : ......................................
e-mail                    : ......................................
Status Perkawinan : ......................................

Saya memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik, dan dapat berbahasa Inggris dengan baik aktif maupun pasif. Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan serta memiliki kemampuan manajemen dan marketing yang baik. Saya telah terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer. Terutama mengoperasikan aplikasi paket MS Office, seperti Word, Excel, Acces, PowerPoint, OutLook dan beberapa software kantor lainnya. Saya juga mempunyai sertifikat internet dari Google inc.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1.    Daftar Riwayat Hidup
2.    Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai
3.    Foto copy sertifikat kursus/pelatihan
4.    Pas foto terbaru.
Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi yang saya miliki.

Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya,

Gina Ramadhani

Itulah dua buah contoh surat lamaran pekerjaan yang dapat Anda gunakan sebagai bahan ajar untuk membuat surat lamaran kerja. Jika Anda ingin melamar di posisi, seperti sebagai Sekertaris, Operator, Staff, Office Boy, Manager, Direktur, Administrasi, Marketing dan Pemasaran, CPNS, dll, Anda tinggal merubah kata yang diblock biru dengan posisi yang Anda inginkan.

0 komentar:

Best viewed on firefox 5+

Followers

Traffic Pengunjung

Popular Posts

Copyright © Design by Dadang Herdiana