Hal Penting Dalam Menjalankan Website Perusahaan

Mungkin ini terlihat tidak begitu penting dan hanya teori belaka, namun
inilah yang dilakukan berbagai perusahaan yang sukses membangun
websitenya untuk menunjang kegiatan usaha serta sebagai sebuah identitas
perusahaan tersebut :
Mengelola Website adalah "Full-Time Job"
Tidak sedikit perusahaan yang mendelegasikan pengelolaan website mereka ke divisi marketing ataupun IT. Namun akan lebih baik seandainya job ini diberikan kepada orang khusus (tim) yang benar-benar menangani website perusahaan yang tentunya orang/tim tersebut mengetahui berbagai hal tentang dunia online, sehingga website perusahaan/usaha anda tidak hanya sekedar papan iklan atau kumpulan teks informasi yang jarang terupdate.
Pembaruan Secara Berkala dan Rutin
Mengelola Website adalah "Full-Time Job"
Tidak sedikit perusahaan yang mendelegasikan pengelolaan website mereka ke divisi marketing ataupun IT. Namun akan lebih baik seandainya job ini diberikan kepada orang khusus (tim) yang benar-benar menangani website perusahaan yang tentunya orang/tim tersebut mengetahui berbagai hal tentang dunia online, sehingga website perusahaan/usaha anda tidak hanya sekedar papan iklan atau kumpulan teks informasi yang jarang terupdate.
Pembaruan Secara Berkala dan Rutin
Sebuah website yang baik yang selalu berubah alias dinamis secara
berkala agar memiliki kekuatan untuk membangun/memberikan kesan
pengunjung terhadap website itu sendiri. Nah untuk itu sebuah website
harus ada sebuah perubahan corak atau desain serta fitur yang disajikan,
setidaknya setahun sekali atau bila bisa tiap setengah tahun.
Website Harus Bisa "Menarik Untuk Semua Orang"
Seindah apapun desainnya dan selengkap apapun fitur yang ada pada website perusahaan Anda, jangan paksakan semua orang untuk datang dan berharap agar mereka memuji website Anda. Anda harus memiliki target pengunjung yang tidak terlalu luas. Karena selain itu akan melelahkan serta memakan waktu, tentunya hal itu tidak akan begitu efektif. Sosialisasikan website Anda hanya kepada kalangan yang memiliki potensi sebagai konsumen atau klien.
CMS (Content Management System) Bukanlah Opsi penyelamat
CMS dalam sebuah website memang sangat penting dalam menunjang antara lain : mengurangi kesulitan teknis dalam menambahkan konten, memberikan akses beberapa admin untuk menambahkan konten, memberikan kemudahan dalam proses update konten/artikel secara cepat, menyediakan kontrol yang lebih besar terhadap website. Namun terkadang, CMS yang sudah ada kerap "menganggur", karena memang tidak ada orang yang mengisi konten baru, meskipun ada sih tapi sangat jarang dan tidak memberikan konten yang berkualitas bahkan hanya asal-asalan mengisi konten/artikel. Nah bila ingin website terupdate secara baik dan berkualitas baik dari segi artikel maupun desain, janganlah tergantung pada CMS saja tapi pastikan juga ada konten baru yang berkualitas baik dari segi tulisan , gambar dan struktur kalimat yang baik dan tentunya rutin tiap hari (minimal 4 kali dalam seminggu)
Seindah apapun desainnya dan selengkap apapun fitur yang ada pada website perusahaan Anda, jangan paksakan semua orang untuk datang dan berharap agar mereka memuji website Anda. Anda harus memiliki target pengunjung yang tidak terlalu luas. Karena selain itu akan melelahkan serta memakan waktu, tentunya hal itu tidak akan begitu efektif. Sosialisasikan website Anda hanya kepada kalangan yang memiliki potensi sebagai konsumen atau klien.
CMS (Content Management System) Bukanlah Opsi penyelamat
CMS dalam sebuah website memang sangat penting dalam menunjang antara lain : mengurangi kesulitan teknis dalam menambahkan konten, memberikan akses beberapa admin untuk menambahkan konten, memberikan kemudahan dalam proses update konten/artikel secara cepat, menyediakan kontrol yang lebih besar terhadap website. Namun terkadang, CMS yang sudah ada kerap "menganggur", karena memang tidak ada orang yang mengisi konten baru, meskipun ada sih tapi sangat jarang dan tidak memberikan konten yang berkualitas bahkan hanya asal-asalan mengisi konten/artikel. Nah bila ingin website terupdate secara baik dan berkualitas baik dari segi artikel maupun desain, janganlah tergantung pada CMS saja tapi pastikan juga ada konten baru yang berkualitas baik dari segi tulisan , gambar dan struktur kalimat yang baik dan tentunya rutin tiap hari (minimal 4 kali dalam seminggu)
Website Tidak Berantakan
Hal yang tidak kalah penting tentunya kerapian baik itu artikel maupun
desain antarmuka website tersebut. Kenapa? ya karena setelah banyaknya
konten yang masuk ke dalam website, mulai dari berita, artikel, iklan
sampai pengumuman dan lainnya, tentunya kita harus memastikan semuanya
tidak tampil langsung secara keseluruhan. Buatlah halaman khusus yang
lebih detail untuk masing-masing bagian. Jangan tampilkan semua hal yang
belum tentu dibutuhkan pengunjung di homepage website perusahaan Anda.
Dengan memperhatikan hal-hal tersebut mungkin bisa membuat para
pengunjung terkesan akan website perusahaan kalian. Mereka akan melihat
perusahan tersebut benar-benar serius dan profesional dalam
mengembangkan/menjalankan bisnisnya hanya dengan melihat Website
kalian... Coba bila website kalian berantakan, tentunya
mereka akan ragu-ragu dan berpikiran bahwa kalian tidak profesional
yang pada akhirnya mereka tidak akan mengunjungi website kalian lagi
dan tidak tertarik sama sekali dengan apa yang kalian tawarkan...
Semoga info ini bisa menjadi referensi buat kalian yang mungkin
bekerja di perusahaan yang memiliki Website... trims kunjungannya
0 komentar:
Posting Komentar